Orizuru

Salah satu hal serius yang lagi di hadapi jepang,selain pemulihan akibat gempa dan tsunami,
yaitu radiasi nuklir. reaktor nuklir di prefektur Fukushima meledak gara2 gempa kemarin itu, banyak warga yang panik karena takut kena radiasi dari ledakan tersebut. sebelumnya gw mau ngasih info (buat yang belom tahu) selain ledakan membunuh, yang berbahaya dari nuklir itu adalah radiasi akibat ledakan yang terjadi. setelah meledak, energi nuklir itu menimbulkan pancaran radioaktif (kimiawi yang berbahaya). tanah yang ancur juga ga bisa pulih seperti semula (ga bisa ditanemin apa2 lagi), radiasi ini juga bisa nyebapin penyakit kanker.

nah tiba- tiba gw keinget sama sebuah cerita jepang nih, masih inget kan kisah hiroshima nagasaki? dua kota yang di bom nuklir sama US waktu perang dunia ke dua.
ada cerita tentang seorang anak cewek jepang namanya, Sadako Sasaki (gw baca dari cerpen di majalah nyokap) dia tinggal di hiroshima waktu kejadian bom meledak itu. kira- kira beberapa bulan setelahnya,
Sasaki di vonis kanker darah, akibat dari radiasi bom tsb dan diperkirakan waktu dia hidup udah ga lama. salah satu temen deketnya (lupa namanya) bikinin dia bangau kertas (seni origami jepang) dia lalu nyeritain tentang peribahasa lama jepang, yang bilang kalau kita membuat 1000 bangau dari kertas, keinginan kita bisa terkabul.dan keinginan terbesar Sasaki adalah sembuh. dia berhasil membuat enam ratusan bangau sebelum akhirnya Sasaki meninggal dunia, kemudian temen2nya yang lain yang akhirnya menggenapi jumlahnya jadi 1000.
mungkin sasaki ga berhasil membuktikan kebenaran legenda bangau kertas itu, tapi yang jelas semangat hidupnya patut diacungin jempol. dan hal yang berhasil dibuktikan adalah sebuah keajaiban. cerita seribu bangau kertas itu jelas memberikan kepercayaan yang ajaib bagi seorang anak kecil.

Land of the Rising Sun

tepat tanggal 11 Maret, jumat minggu lalu, jepang diserang gempa dengan kekuatan 9 skala richter yang akhirnya disusul sama tsunami, beberapa ledakan juga terjadi akibat gempa itu. waktu ngeliat videonya di you tube, i was like 'wow' its huge.
Jepang atau yang dijulukin negeri matahari terbit ini mayoritas penduduknya menganut ajaran shinto. tadi pagi gw baca artikel di salah satu koran, yang nulis kayak gini, warga jepang kebanyakan tidak meratapi apa yang sudah terjadi (dalam kasus ini gempa dan tsunami) namun lebih berfikir apa yang harus dilakukan selanjutnya. ada juga sebuah ungkapan terkenal di jepang yang mengatakan bahwa orang- orang akan kembali kepada dewa- dewa jika mengalami kesulitan. pernah juga ada kejadian salah satu jalur monorail rubuh, dan berhasil dibangun kembali dalam waktu 24 jam. banyak hal bisa dikagumin dari negara ini, walaupun teknologinya canggih abis,
mereka ga tercabut dari akarnya gara- gara modernisasi, kebudayaan dijunjung tinggi disana, contoh simpelnya banyak anak muda yang ikut kursus Sadou (seni minum teh jepang) pake yukata di festival tahun baru, mereka cinta sama kebudayaanya. banyak hal yang bisa dicontoh deh dari negara jepang itu.
makanya gw ikut belasungkawa buat korban dari bencana yang menggoyangkan jepang kemarin itu dan ikut berdoa semoga mereka bisa tegar dan cepet pulih. and rising once again as well :,)