Be yourself its kind of a difficult way to live.

photo courtsey: google
kalau ditanya tentang quote favorite, pasti gw selalu jawab sebuah quote dari Kurt Vonnegut - We are what we pretend to be. atau kalo bahasanya Kita adalah orang yang berpura- pura menjadi kita.
nah loh agak bingungin juga sih.hehe
menurut kacamata gw, quote ini berbicara tentang image. setiap orang berusaha membentuk imagenya masing - masing. dan ga jarang juga kalau mereka jadi kehilangan jati diri demi menunjukan image apa yang baik atau keren menurut orang banyak.
Misalnya aja ada anak gaul. dia selalu update status yang dia rasa keren kalau dibaca orang lain. kayak misalnya kalau dia abis beli apa atau abis darimana. dalam kasus ini anak gaul ini bisa dibilang juga sebagai anak yang berpura-pura gaul. bukan berarti dia ternyata bohong atau dia ternyata aslinya kuper. dia memang anak gaul. tapi semua itu ga berjalan secara naturally. 'Gaul' itu sendiri jadi sebuah image yang udah seharusnya dia miliki. kalau dia ga gaul dia akan merasa kalau dia bukan dirinya lagi.
begitu juga degan image 'Cantik' atau 'Baik' gw kenal seorang cewek yang emang udah cantik dari sananya dan tiap ketemu orang dia akan dipuji cantik. tapi setelah kenal deket, dia cerita sama gw kalau dia sebenernya ga pede. dia selalu berusaha keras mmempertahankan 'cantik' nya itu dan di saat dia berhadapan sama situasi dan orang yang menganggap dia ga cantik dia akan ngerasa down banget.
nah sampe disini nangkep ga?
contoh simpelnya nih, ketika kita baru buat account social network apa aja, pasti yang paling bikin lama adalah saat kita nulis 'about me' atau 'profile' masing- masing. harus yang kayak gimana nih yang gw tulis? kalau gw tulis gini gimana ya kalau dibaca orang? ah kalau nulisnya gini ntar disangka yang aneh2 lagi. apus apus apus.atau mungkin aja kalau kita mau nyeritain pengalaman kita di blog. ntar kalau nulisnya gini terus dibaca sama orang yang gw kenal gimana ya? apus apus apus.
we are what we pretend to be.
Kita adalah orang yang berpura- pura menjadi kita.
actually gw dapet quote ini pertama kali dari sebuah buku karangan Megan Mc Cafferty yang judulnya Second Helping. di situ di ceritain tentang kehidupan SMA dimana masing- masing orang mambentuk imagenya masing- masing. SMA adalah masa dimana kita menemukan jati diri kita. di SMA kita bisa memilih mau 'berpura- pura' jadi orang seperti apakah kita. selepas SMA kita dihadapkan sama hidup yang lebih keras.
Nah kembali lagi ke hubungannya sama quote di atas,
setiap manusia itu berusaha membentuk image mereka di hadapan manusia lain. image itu sendiri adalah hal yang sangat penting bagi manusia untuk dimiliki.
Apalagi kalau kita orang penting, politisi atau ketua partai misalnya. mereka harus hidup dalam kepura-puraan untuk yang baik- baik didepan rakyat. mereka ini hidup dalam keadaan kayak gini:
'say what you should say. not what you want to say' demi mempertahankan image mereka.
sedih.kasian.
menurut gw, menjadi diri sendiri adalah hal yang paling susah dilakukan di dunia sekarang ini. apalagi kalau kita sendiripun bingung, diri kita ini sebenernya seperti apa?

we are what we pretend to be, so we must be carefull about what we pretend to be - Kurt Vonnegut

2 comments:

  1. mantap..

    aku da follow, mb follow balik ya...

    www.abadiorkes.blogspot.com

    salam kenal

    ReplyDelete

thank you ☺